Toyota Siapkan Mobil Sport Unik Untuk TMS 2017

Toyota akan memperkenalkan sebuah mobil konsep yang menarik di Tokyo Motor Show 2017 (TMS 2017) minggu depan. Mobil bernama Toyota GR HV Sports Concept. Meski bentuknya mirip dengan Toyota 86, tapi jangan langsung berkesimpulan bahwa ini akan jadi penerusnya. Tapi melalui mobil ini, Toyota ingin menunjukan sebuah mobil yang asik dikendarai, sekaligus ramah terhadap lingkungan.

Calon pengganti 86

Memang, mobil konsep tersebut berdiri diatas platform Toyota 86, tapi di balik kulitnya terdapat sistem penggerak hybrid, lengkap dengan transmisi otomatis 6-speed untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang. Hybrid yang dipasangkan di GR HV Sports Concept bernama THS-R atau Toyota Hybrid System-Racing. Hybrid ini adalah hasil pengembangan dari sistem penggerak mobil Toyota TS050, yang turun di arena balapan ketahanan dunia.

Toyoa GR HV Sports Concept

Meski tidak dijelaskan secara detil apa saja yang diambil dari mobil balap itu, tapi Toyota memang pernah diberitakan diam-diam sedang menguji 86 dengan penggerak hybrid. Bisa jadi inilah hasilnya. Pabrikan jepang itu juga mengatakan bahwa kestabilan patut diacungi jempol. Hal ini karena peletakan baterai yang hampir di tengah mobil.

tuas transmisi otomatis unik

Yang menarik, selain bentuk atap Targa (atap bisa dilepas), engineer Toyota cukup kreatif dalam mengembangkan sistem transmisi otomatis. Di dashboard, pengemudi bisa memilih gear dengan menekan tombol P, R, N, D, dan lainnya, seperti mobil matic biasa. Tapi begitu pindah ke manual mode, maka tuas transmisi harus dimainkan. BUkan hanya digerakkan maju mundur seperti manual mode di kebanyakan mobil, tapi harus digerakkan layaknya tuas transmisi manual (H-pattern). Uniknya lagi, tombol start-stop diletakan juga di tuas ini.

dashboard Toyota GR HV Sports Concept

Di bagian dashboard lain, Anda yang familiar dengan Toyota 86 pasti akan langsung merasa kenal dengan layout dashboard, diluar tombol transmisi tadi. Posisi lingkar kemudi, dashboard yang minimalis dengan posisi ala mobil retro, bahkan hingga posisi rem tangan. Yang membedakan mungkin instrumen cluster yang lebih modern, serta dome di tengah dashboard yang berisi ventilasi AC.

Selengkapnya kita tunggu saja kemunculannya di Tokyo Motor Show 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.