Toyota Century 2018, Penerus Kereta Kencana Jepang

Toyota Crown bukanlah sedan termewah Toyota. Di Jepang, mereka punya Toyota Century, yang digunakan oleh Kaisar Jepang, para VVIP, dan mereka yang sanggup untuk membelinya. Toyota Century sudah punya dua generasi sejak diperkenalkan pada tahun 1967. Dan di gelaran Tokyo Motor Show 2017 minggu depan, Toyota akan perkenalkan Century generasi ketiga. Yang hebat, sejak 1967 desainnya tidak berubah banyak.

Bahkan generasi pertama itu diproduksi hingga tahun 1997 yang kemudian dilanjutkan oleh generasi berikutnya yang dibuat hingga Februari 2017 lalu. Sebagai ‘kereta kencana’, tentunya apa yang ada di kabinnya harus merepresentasikan hal itu.

Century Gen 2
Toyota Century Generasi 2 Photo by Mic via Wikipedia

Toyota Century, sejak awal dibekali dengan beragam teknologi yang terbilang maju pada zamannya Sebut saja climate control pada Century buatan 1973, lengkap dengan peranti pengatur emisi. Generasi kedua punya sistem navigasi canggih, plus interior yang tidak dibuat dari kulit, melainkan wol. Alasannya karena saat diduduki, kulit mengeluarkan suara, sedangkan wol tidak. Pintar.

toyota century 2018

Generasi ketiga Century akan menanggalkan mesin V12 dan menggunakan konfigurasi V8 berkapasitas 5,0 liter. Lebih dari itu, demi mengakrabi lingkungan, Toyota menyematkan sistem hybrid mereka untuk limousine berpenggerak roda belakang ini.

Kabin toyota century

Kabin Toyota Century 2018 didesain untuk memuaskan penumpang belakang. Jok model individual dibungkus bahan wol. Selain bahan yang nyaman, kursi ini sudah dibekali pemijat, reclining dengan pegaturan elektrik, dan foot rest yang juga bisa diatur melalui sentuhan tombol.

legroom toyota century

Wheelbase yang mencapai 3.090 mm memberikan ruang kaki yang luar biasa lega. Sedangkan tinggi yang mencapai 1.550 mm memberikan ruang kepala yang juga luas. Dengan lebar 1.930 mm, dijamin Anda tidak perlu sikut-sikutan dengan penumpang di sebelah, dan memberikan ruang bagi desainer interior untuk menyematkan konsol berlapis kayu diantara dua kursi belakang.

Limousine ini memiliki dimensi panjang hingga 5.330 mm. Dimensi ini membuat Century lebih panjang 89 mm dari Mercedes-Benz S-Class terbaru. Dengan panjang itu, desain Century terbaru terlihat elegan dan bersih. Dan jujur, tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnnya. Kalau tidak baca deskripsinya, Anda bisa beranggapan ini hanyalah facelift.

Lampu depan dengan bentuk mengotak tetap dipertahankan dan kini mengadopsi lampu LED dengan proyektor. Lampu ini mengapit grille besar berlapis krom. Sementara di belakang, lagi-lagi desain kaku tapi elegan tampak dari bentuk lampunya. Menurut Toyota, desain lampu belakang yang di dalamnya terbagi menjadi tiga lampu LED berbentuk kotak tiga dimensi, melambangkan sebuah bentuk yang elegan.

Menarik, ya? sayang mobil ini tidak akan pernah dijual resmi di luar Jepang. Kalau Anda lihat Century di luar negeri Samurai itu, berarti yang menggunakan antara pejabat kedutaan, atau ada saja importir umum yang berhasil memasukkan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.