Inikah SUV Berbasis Nissan Navara?

Pickup Double Cabin Nissan Navara akan ketambahan keluarga baru. Kali ini akan berbentuk SUV tujuh penumpang, yang berhadapan langsung dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Isuzu MU-X, dan juga Chevrolet Trailblazer.

Meski Nissan global belum mengumumkan apa-apa, tapi gambar SUV ini sudah sering terlihat sedang diuji, sejak tahun 2014 lalu, atau beberapa bulan setelah Navara baru diluncurkan. Dan kali ini, indianautosblog mendapatkan bocoran rendering SUV tersebut. Di situ tertulis Paladin, SUV yang sebetulnya bernama asli Xterra, dan hanya dipasarkan di Cina.

Nissan Navara SUV

Merunut sejarahnya, Xterra/Paladin memang selalu mengambil basis dari versi Nissan pickup. SUV tersebut dipasarkan pertama kali tahun 2001, dan kini sudah memasuki generasi kedua, dengan pemasaran utama ada di Amerika Serikat dan Cina. Namun sejak 2015, Nissan menghentkan penjualan di Amerika karena penjualan yang terus menurun. Pasarnya jenuh dengan konsumsi BBM-nya yang buruk.

Nissan Xterra
Foto: wikipedia

Nah, untuk Xterra/Paladin baru ini, dengan menggunakan basis Navara terbaru bisa menjadi sebuah keuntungan. Platform ladder frame-nya sudah terbukti tangguh, dan dipercaya oleh Mercedes-Benz untuk menjadi basis pickup terbaru mereka, X-CLass.

Selain itu, Nissan Navara adalah double cabin pertama yang menggunakan suspensi independen di keempat sudutnya. Beberapa yang skeptis meragukan kemampuannya mengangkut beban berat di medan offroad, meski harus diakui memang membuat Navara menjadi nyaman dikendarai.

Nissan navara pickup

Sementara dari sisi desain, khusus untuk calon SUV tersebut, Nissan memberikan sentuhan desain eksterior yang berbeda. Parasnya mengusung bahasa desain Nissan terbaru dengan bentuk grill khas yang disebut V-Motion. Grill bawah yang terpasang di bumper terlihat lebar, kemungkinan mengingikasikan adanya intercooler untuk turbo di baliknya yang memerlukan asupan udara untuk mendinginkan.

Di pasar Cina, Paladin yang ada sekarang dibekali mesin bensin berkekuatan 150 PS. Sedangkan Xterra di beberapa pasar dibekali dengan mesin turbodiesel. Jadi tergantung dimana mobil ini dipasarkan nantinya, Nissan akan menyesuaikan spesifikasinya.

Contohnya seperti di Indonesia, pesaingnya semua bermesin turbodiesel, dengan opsi mesin bensin yang tidak begitu banyak populasinya. Bisa jadi Xterra akan mengikuti tren ini. Selain itu, Nissan Navara sendiri dipasarkan oleh Nissan Motor Indonesia dengan mesin 4-silinder turbodiesel, berkekuatan 190 ps. Inilah double cabin dengan mesin yang paling bertenaga yang ada di pasar tanah air. Harganya? Mulai dari Rp 401 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.