Mazda Siapkan Mobil Hybrid Bermesin Rotary

Mesin dengan piston berputar, atau rotary engine, pertama kali dihadirkan Mazda hampir 50 tahun yang lalu. Kini, karena berbagai alasan seperti mahal untuk diurus, boros BBM, hingga susah diperbaiki menjadi alasan kenapa tidak ada yang mau memanfaatkan mesin yang berperforma tinggi ini, termasuk Mazda, yang akhirnya menyerah, dan mengembangkan teknologi Skyactiv yang lebih bisa diterima.

Namun menurut Automotive News, mesin ini akan kembali digunakan oleh Mazda, tapi bukan sebgai penggerak utama. Rotary engine akan ditempelkan sebagai penambah jarak (range extender), mobil hybrid mereka. Sebuah plihan yang cukup bijak karena karakteristik desain mesin rotary cocok untuk itu. Untuk diketahui, piston mesin ini tidak berjajar dan bergerak naik turun. melainkan berbentuk segitiga tanpa sudut, dan berputar dengan poros berada di tengah (bayangkan fidget spinner, tapi bentuknya segitiga). Karena itu, bentuknya tidak makan tempat di mobil, plus minim getaran.

MEsin rotary

Hal ini dipastikan oleh Mitsuo Hitomi, pimpinan pengembangan mesin Mazda, yang menyatakan kemungkinan mesin rotary akan digunakan untuk membangkitkan listrik di mobil mereka yang akan datang. Mobil tersebut, diperkirakan hadir pada 2019 dengan dua varian. Satu adalah EV (electric vehicle) murni, untuk pasar Cina, Eropa, dan Jepang. Sedangkan satunya memiliki kemampuan range extender ini, untuk dipasarkan di negara seperti Amerika Serikat.

Platform yang akan digunakan saat ini dikatakan masih dalam pengembangan karena tidak udah mengakomodir dua jenis mobil sekaligus. Mazda sendiri baru bisa memastikan kalau platform tersebut akan hadir tahun 2019 awal.

lantas, bagaimana nasib mobil dengan mesin rotary yang katanya sedang mereka kembangkan? Menurut Hitomi, harapan itu tidak sepenuhnya dimatikan. Mereka saat ini memang sedang mengembangkannya, tapi apakah mobil yang katanya berbentuk sport itu akan dijual, itu masih belum dipastikan. “Masalahnya dari segi bisnis (memungkinkan atau tidak). Bukan dari teknologi.”

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.