Suzuki Ertiga 2018 Hadir Bulan Agustus!

Suzuki Ertiga akan segera memasuki masa peralihan generasi. Suuki dikabarkan tengah mempersiapkan generasi ketiga Ertiga, yang akan diperkenalkan tahun depan. Tepatnya Agustus 2018, tanpa menyebutkan di mana MPV kondang ini akan diluncurkan. Yang pasti, mobil ini mengusung platform HEARTECT, yang juga digunakan oleh generasi baru Suzuki Swift, Maruti Suzuki Dzire (Swift sedan di India), Baleno, dan Ignis.

Suzuki Ertiga 2018
Reka artis untuk Suzuki Ertiga 2018

Waktu perkenalan itu cukup menggelitik karena di bulan tersebut ada acara otomotif tahunan besar di Indonesia yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Jika benar, maka perkiraan banyak pihak soal mobil ini akan diluncurkan Auto Expo bulan Februari di India, meleset. Suzuki Ertiga akan diperkenalkan pertama di Indonesia.

Beberapa sumber di pihak Suzuki Indomobil Sales juga tidak menampik hal ini. Mereka tidak menyatakan Suzuki akan meluncurkan Ertiga generasi baru, tapi mengiyakan kalau Suzuki Ertiga akan mengalami penyegaran setiap tahun.

Suzuki Ertiga generasi kedua atau di kalangan engineer Maruti Suzuki di India dikenal sebagai Maruti YHA, akan memiliki dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. Seperti bisa dilihat di artikel sebelumnya, Ertiga yang masih tertutup kamuflase terlihat memiliki overhang (jarak dari spatbor ke ujung bumper) belakang yang lebih panjang. Hal tersebut bisa jadi indikasi kalau Ertiga akan punya ruang lebih di bagian baris kedua dan ketiga.

Di moncongnya, diperkirakan akan tetap mengusung mesin 1,4 liter bensin yang sudah ada saat ini, dengan sdikit improvement. Selain itu, Suzuki juga diketahui sedang mengembangkan mesin 1,5 liter turbodiesel. Kemungkinan besar peminum solar itu juga akan dibenamkan pada Ertiga baru, namun tidak pada saat peluncuran perdana.

Umur Ertiga yang ada sekarang memang sudah waktunya disegarkan. Mobil ini meluncur pertama kali di gelaran Auto Expo di New Delhi India bulan April 2012. Suzuki Indomobil Sales kemudian memperkenalkan MPV ini beberapa hari setelahnya. Sambutan pasar cukup luar biasa karena momennya pas. Saat itu pasar sedang jenuh dengan pilihan segmen Low MPV yang hanya ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Ertiga datang dengan membawa segala kelebihan mobil berplatform monokok. Senyap, bantingannya nyaman, dan irit BBM. Tapi itu dulu. Kini Suzuki Ertiga generasi kedua akan menghadapi persaingan yang tengah bergolak. Mitsubishi sudah menjual Xpander, dan pabrikan Cina, Wuling Motors hadir dengan Confero yang harganya ‘bikin bengong’. Tapi dengan kehadiran Ertiga baru, pasar Low MPV tahun depan akan lebih seru pasti. Dan konsumen diberikan banyak pilihan, yang tentunya akan menguntungkan.

Sumber: indianautosblog 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.