Royal Enfield Hadirkan Interceptor dan Continental GT Bermesin Dua Silinder

Royal Enfield, pabrikan motor yang dikenal dengan kekukuhannya menggunakan mesin bersilinder tunggal, kini mendobrak tradisi tersebut. Inilah Royal Enfield Interceptor INT 650 dan Continental GT 650, yang diperkenalkan di ajang EICMA, Milan, 09/11/2017 lalu. Yang menarik, keduanya ditenagai mesin twin cylinder, berkapasitas 648 cc. Jantung mekanis bertenaga 47 hp yang digunakan keduanya adalah yang paling baru dari Royal Enfield, dan yang pertama sejak pabrikan Inggris ini pindah produksi ke India.

Royal Enfield Interceptor 650 2018
Royal Enfield Interceptor INT 650

Nama Royal Enfield Interceptor sendiri bukan nama baru. Mereka meluncurkan Interceptor pertama kali pada tahun 1960 dengan mesin dua silinder. Saat itu, pasar yang disasar adalah Amerika Serikat, dan mencetak kesuksesan, terutama di California. 1970 adalah tahun terakhir Interceptor diproduksi, sebelum generasi terbarunya muncul di Milan.

Bentuknya tentu saja sangat retro, khas Royal Enfield. Tangki bensin berbentuk tear drop stang lebar, jok untuk berdua, frame telanjang dan mesin terbuka membuat motor ini terlihat antic. Pengendaraannya seperti dirancang untuk Namun tidak dua knalpot berbentuk retro yang menjulur di kiri dan kanan yang akan membuat orang penasaran.

Royal Enfield Interceptor INT 650
Mesin dua silinder, rem ABS.

Yang keren adalah, motor ini punya rem dengan ABS. Sesuatu yang belum pernah ditemukan pada produk Royal Enfield. Lebih dari itu, ada transmisi 6-speed yang akan menyalurkan tenaga, lengkap dengan slipper clutch, yang akan mencegah roda belakang mengunci saat down shifting (turun gigi).

Royal Enfield Continental GT 2018
Royal Enfield Continental GT 650

Sedangkan Royal Enfield Continental GT 650 adalah kelanjutan dari keluarga Continental GT sebelumnya dengan bentuk café racer-nya yang akan membuat pecinta motor luluh saat melihatnya. Motor ini juga akan mendapatkan teknologi ABS, dan banyak berbagai komponen dengan Interceptor 650. Namun tentunya Continental GT akan memberikan pengalaman riding yang berbeda dengan single seat, foot rest yang diposisikan agak ke belakang, hingga knalpot yang mengarah ke atas.

Royal Enfield Continental GT 2018
Continental GT dengan bentuk khasnya

Dengan kedua motor ini, Royal Enfield akan semakin mudah mempenetrasi pasar Negara berkembang. “Pasar terbesar kami memang India, tapi (mesin) 650 twin cylinder ini akan menjadi daya tarik baru,” ujar Siddhartha Lal, CEO Royal Enfield. “Kami yakin motor-motor ini akan menarik perhatian pasar Negara berkembang di Asia Tenggara dan Amerika Latin. Tapi lebih dari itu, keduanya juga akan ditawarkan kepada pasar Negara maju.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.