Chevrolet Corvette Terkencang Meluncur Di Dubai

Agak diluar kebiasaan, Chevrolet memilih Dubai untuk meluncurkan salah satu mobil iconinc mereka, Chevrolet Corvette. Bukan sembarang Corvette, tapi ini adalah varian ZR1, yang selalu diklaim sebagai Corvette tercepat dan paling bertenaga, dari generasi ke generasi. Tapi sepertinya mereka serius, selain bertenaga besar, ada paket berwarna orange yang, mungkin tidak penting, tapi ini menjadi penanda bahwa supercar ini selalu ingin tampil beda.

Corvette ZR1 introduced in Dubai
Chevrolet Corvette ZR1. Yang paling bertenaga dalam sejarah Corvette

Fasianya berbeda dibanding Corvette lainnya. Bukan tanpa alasan, mukanya ini adalah peranti aerodinamika yang menjadi satu kesatuan dengan bagian lain. Contohnya adalah sayap besar di bagian buritan. Fitur-fitur aerodinamika ini tentu saja diperlukan demi menunjang performanya. Ada dua paket aerodinamika yang ditawarkan. Pertama adalah Low Wing, yang merupakan paket standar, dan didesain agar kecepatan puncak 338 km/jam bisa dicapai dengan mudah. Yang kedua adalah ZTK performance, lengkap dengan High Wing, yang saat melaju kencang, sistem aerodinamika akan menghasilkan daya tekan hingga 425 kg! Paket tersebut juga dibekali dengan ban performa tinggi Michelin Pilot Cup 2, plus supensi canggih Magnetic Ride Control.

Corvette ZR1 rear view
Ada dua pilihan paket aerodinamika yang bisa memberikan daya tekan hingga 425 kg, atau, top speed lebih dari 300 km/jam

Chevrolet Corvette ZR1 punya penggerak bernama LT5 yang merupakan mesin V8 berkapasitas 6,2 liter. Tenaga maksimumnya mencapai 755 hp, dengan torsi 969 Nm. Mesin tersebut dilengkapi dengan supercharger, intercooler baru, hingga sistem injektor ganda, yang bisa menjadi injector langsung ke ruang bakar (direct injecction), atau injektor tidak langsung yang menyemburkan bensin melalui intake port. Sebagai penerus daya, Corvette ZR1 baru akan tersedia dalam pilihan 6-speed manual atau 8-speed otomatis dengan paddle shifter. Dan ini juga cukup unik karena untuk pertama kalinya ada ZR1 yang dibekali transmisi otomatis.

Corvette ZR1 tranny
Untuk pertama kalinya ada transmisi otomatis di Chevrolet Corvette ZR1

Itulah kenapa mereka berani mengklaimnya sebagai Corvette tercepat yang pernah ada. “Belum pernah saya mengendarai Corvette seperti ini. Dan tidak ada yang pernah. Ini karena memang sebelumnya tidak ada Corvette sekencang ini,” bangga Mark Reuss, Executive VP Global Product Development, Purchasing and Supply Chain Chevrolet. Ia juga menegaskan bahwa kemampuan ZR1 akan memberikan peringatan kepada supercar lain, bahwa Corvette kini kembali untuk menjadi penantang. Chevrolet Corvette ZR1 akan dijual saat musim semi 2018 nanti, tentunya untuk pasar Amerika Serikat dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.