Saat Singer Dan Williams Merestorasi Porsche 911

Singer Vehicle Design, tuner mobil asal Amerika Serikat, punya kreasi baru. Seperti biasa, mereka menghasilkan Porsche 911 klasik, yang di-tune ulang sesuai permintaan. Dan seperti biasa juga, karya mereka selalu mengundang untuk bikin ngiler. Dan kini, dengan menggandeng Williams Engineering, mereka menghasilkan restorasi Porsche 911 yang layak ‘disembah’.

Porsche 911 by Singer

Tentu bukan disembah seperti itu, tapi memang mobil ini layak dipuja, dipelototi setiap hari. Singer dan Williams merestorasi Porsche 911 milik seseorang bernama Scott Blattner. Siapa dia? Entah. Yang pasti Pak Scott adalah pecinta Porsche 911. Ia ingin Singer membuat Porsche 964 kelahiran 1990 miliknya bisa direstorasi menjadi mobil yang ringan dan berperforma.

Singer Porsche

“Singer selalu terbuka dengan pertanyaan ‘Bagaimana kalau…’ Karena itu, saya lantas bertanya bagaimana kalau Singer merestorasi mobil kesayangan saya dengan engineeering yang berasal dari ranah F1? Kira-kira bagaimana bentuk dan performanya?” kata Scott Blattner. Untuk memenuhi permintaan itu, Singer berpaling pada Williams Advance Engineering, dan menjalankan apa yang dinamakan Dynamic Lightweight Study.

interior porsche 911 Singer Williams

Hasilnya luar biasa. Singer dan Williams menggaet penyedia komponen seperti Brembo (rem), Michelin, dan BBS untuk bergabung membuat mobil ini. Tidak hanya itu, ada nama-nama terkenal di dunia otomotif yang ikut terjun ke dalamnya. Sebut saja jurnalis Chris Harris, pembalap Marino Franchitti, Hans Mezger (insinyur pembuat mesin-mesin Porsche). Williams kebagian membuat mesin boxer enam silinder berkekuatan 500 hp. Aerodinamika mobil juga dikerjakan dengan serius, demikian halnya dengan pengurangan bobot. Untuk yang terakhir itu, bahan seperti magnesium, titanium, fiber, dan berbagai material mahal lainnya, digunakan dengan intensif di berbagai bagian.

Mesin Porsche buatan Williams

Penyedia komponen juga membuat khusus produk untuk mobil ini, demi memenuhi permintaan yang ringan tadi. Sebut saja BBS yang membuat velg berbahan magnesium, Brembo menyediakan rem dengan cakram berbahan karbon komposit yang ringan dan kuat. Hewland, pembuat transmisi, juga menghadirkan transmisi 6-speed baru berbahan magnesium, dan terakhir ada EXE-TC yang membuat suspensi khusus. Tentunya tidak lupa Michelin hadir dengan ban Pilot Sport Cup 2.

Ban michelin pelek BBS

Rob Dickinson, penggagas Singer Vehicle Design, yang juga vokalis grup band Catherine Wheel, menyatakan kepuasannya. “Di tingkat teknis, study yang dilakukan sudah luar biasa dan menghasilkan sebuah proses resorasi yang memanfaatkan sumber-sumber papan atas. Dari sisi artistik, kita seperti mendapatkan kesempatan kedua untuk ‘terhubung’ dengan mobil ini, dalam tingkatan yang jauh berbeda,” tegasnya.

Jadi berapa lama pengerjaan mobil ini? Dua tahun. Semuanya dikerjakan di Grove, Inggris. Singer yang aslinya berdiri di Amerika Serikat, punya satu tempat khusus yang berada satu kompleks dengan Williams Engineering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.