Ini Dia, All New Jeep Wrangler 2018

Akhirnya SUV yang ditunggu-tunggu itu dibuka selubungnya di Los Angeles Auto Show 2017 kemarin (29/11). Inilah All New 2018 Jeep Wrangler, yang hadir dengan segala pembaruan, tanpa menanggalkan ciri khasnya sebagai sebuah Jeep. Desainnya sepintas sama, tapi coba perhatikan dengan lebih seksama, Anda akan menemukan perbedaannya. Pecianta Wrangler mungkin akan langsung tahu bedanya.

Jeep Wrangler 2018

Bentuk grille khas 7-slot depan menurut Jeep didesain untuk mengenang kejayaan Jeep CJ di era 1980-an. Coba perhatikan, pada kedua slot yang paling ujung, yang melengkung mengikuti bentuk lampu. Itu adalah khas CJ-7. Sedangkan posisi grille yang agak dimiringkan, mengakomodir kebutuhan aerodinamika, yang diklaim lebih baik dari sebelumnya. Selain grille, bentuk lampu bulat juga  dipertahankan.

Jeep juga membekali SUV ini dengan berbagai konfigurasi atap. Beberapa diantaranya bahkan bisa dengan mudah dibuka-tutup. Demikian juga pintu yang kini terbuat dari bahan alumunium ringan, yang bisa dilepas-pasang.

Wrangler 2018

Di bagian kaki, Jeep membekali Wrangler dengan kemampuan off road yang mumpuni seperti biasa. Teknologi baru untuk mendukung kemampuan ini antara lain gardan Dana terbaru yang mendapatkan input tenaga dari transfer case Selec-Trac terbaru dengan dua percepatan. Selain itu, ada sederet fitur bantu off road lain yang benar-benar baru dikembangkan oleh mereka seperti locker gardan Tru-Loc yang cukup dengan menekan tombol akan aktif, serta sistem limited slip differential baru untuk memastikan ban selalu mencengkram, apapun medan yang dilewatinya.

JEep Wrangler JL 2018

Jeep juga mengatakan bahwa mereka membuat suspensi Wrangler 2018 untuk bisa memberikan kenyamanan saat berkendara di jalan mulus. Namun tidak perlu khawatir mobil ini jadi lemah kakinya saat berkendara off road berat ataupun ringan. Wrangler 2018 tetap dibekali suspensi multi link yang sudah terbukti ampuh. Namun untuk memberikan kenyamanan berkendara di perkotaan tadi, Jeep memberikan per baru yang sudah di-tune ulang. Dan jangan lupa ada fitur pemutus sway bar yang dikendalikan melalui satu tombol di kabin. Dengan fitur ini, jarak main suspensi (travel) jadi lebih panjang.

Jeep Wrangler short 2018

Sebagai penggerak utama, SUV badak ini dibekali beberapa pilihan mesin yang menarik. Salah satunya adalah, mesin empat silnder berkapasitas 2.0 liter. Meski terdengar minimalis dibanding mesin yang biasa dipakai Jeep, tapi tenaganya tidak main-main. 270 hp, dengan torsi puncak 400 Nm. Asik, ya? Di Indonesia sepertinya Wrangler dengan mesin ini akan laris.

Wrangler 2018

Tapi kalau Anda pikir mesin itu kurang meyakinkan, Jeep masih menyediakan dua opsi lain yang berkonfigurasi V6. Yang satu adalah mesin Pentastar bensin dengan kapasitas 3,6 liter. Tenaganya 285 hp dengan torsi 352,5 Nm. Kalau saya jadi Anda, saya pilih yang empat silinder saja. Lebih irit. Atau mesin di bawah ini.

Inilah mesin ketiga yang juga menarik. Konfigurasi V6, tapi berbahan bakar diesel. Tenaganya 260 hp dengan torsi puncak 599,2 Nm. Sayangnya untuk yang satu ini baru akan tersedia mulai tahun 2019. Saat ini, Jeep Wrangler 2018 tersedia dalam bentuk empat dan dua pintu. Trimnya terdiri dair Sport, Sport S, dan Rubican. Khusus untuk tipe empat pintu, ada varian Sahara, seperti yang Anda lihat di atas. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.