Apa Kabar Land Rover Defender?

Sejak konsep D100 2011 lalu, yang konon penerus Defender, Land Rover seperti lupa punya kewajibannya mengembangkan produk legendaris itu. Dan penggemar Defender lebih sibuk meratapi ‘kematian’ mobil iconic itu. Untunglah, ada beberapa foto yang menguatkan Defender sedang dalam pengembangan.

Foto Land Rover Discovery yang aneh proporsinya ini, diduga Defender baru yang sedang diuji komponen geraknya. Dan perlu dipertegas, di balik Discovery lucu ini, Land Rover Defender 90 (chassis pendek). Itulah kenapa pintu belakang sang Disco terlihat minimalis.

Defender Baru

Foto ini dimiliki oleh situs Motoring Australia, yang mengatakan Defender baru, sangat berbeda dengan dua musuh bebuyutannya, Mercedes-Benz G-Class dan Jeep Wrangler. Pertama dari sisi platform dan desain. Seperti yang Land Rover lakukan pada semua lininya, sasis mobil ini menganut bentuk monokok, bukan lagi ladder frame baja yang terkenal kokoh.

Sementara desainnya, meski foto di atas tidak mengatakan banyak hal, tapi menurut Gerry McGovern, desainer Land Rover, bentuknya tidak mengikuti D100 Concept, dengan berbentuk lebih dinamis. Hal ini lagi-lagi untuk membedakan dengan dua kompetitornya itu.

Kedua, penggeraknya sudah pasti menggunakan keluarga mesin Ingenium buatan Jaguar Land Rover. Kemungkinan besar yang dipakai Ingenium Diesel. Yang menarik, mungkin ada versi bertenaga listrik. Hal ini sejalan dengan kebijakan JLR yang membuat varian mobil listrik di setiap produknya.

Defender dibalik Discovery

Berbicara soal varian, selain Defender 90, tentunya ada versi 110 yang lebih panjang, serta turunannya seperti pikap, varian SVR yang kencang dan sebagainya. Tapi apakah semultifungsi defender sebelumnya? Tentunya Anda paham kalau Defender digunakan berbagai macam instansi mulai dari organisasi kemanusiaan, penjelajah belantara, hingga militer. Bahkan belakangan jadi simbol gaya hidup. Defender yang baru nanti masih harus membuktikan dirinya.

Pertaruhan Land Rover untuk nama ini juga cukup besar, agar tidak mengecewakan penggemarnya. Karena itu, mereka menyatakan kalau kemampuan Defender lama, ditingkatkan pada generasi terbarunya nanti. Semoga saja benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.