Ini Dia, Ford Ranger Raptor 2018!

Inilah dia Ford Ranger Raptor. Kata Raptor di belakang itu menandakan banyak kelebihan. Mulai dari bentuk yang lebih gahar dari Ford Ranger biasa, hingga kemampuan yang juga berlebih. Ford Ranger Raptor 2018 diperkenalkan untuk pertama kalinya di Thailand, 7 Februari lalu.

Ranger Raptor

Seperti yang bisa dilihat, Ford Ranger Raptor memiliki paras baru yang berbeda dengan Ranger lain. Over fender yang terpasang, dibuat dari bahan komposit, dan bukan sekedar gaya. Mobil ini punya ban yang lebih lebar, sehingga kehadirannya diperlukan.

 

Penampilan gahar itu merepresentasikan apa yang ada di balik moncongnya: Mesin twin-turbodiesel 2.0 liter, yang mampu menyemburkan 213 ps dan torsi 500 Nm. Torsi sebesar itu, dipasangkan pada mobil pickup kabin ganda yang bobotnya ringan. Kami hanya bisa tersenyum membayangkannya.

Raptor

Mesin tersebut diambil dari keluarga mesin diesel Panther Family yang dibuat oleh Ford. Di dalamnya tertanam teknologi EcoBlue. Mesin dari keluarga Panther (bukan Isuzu) ini adalah yang terbaru, dan Ranger Raptor pengguna kedua setelah MPV Ford Transit yang dipasarkan di Eropa. Sebagai informasi, Ford Ranger biasa masih menggunakan mesin dari keluarga Puma Engine yang sudah cukup lama beredar.

Ford Ranger

Cara Ford memastikan tenaga selalu mengisi di setiap tingkat putaran mesin juga hebat. Saat jalan pelan, dua turbo berukuran kecil dan besar akan berputar bersamaan. Dengan demikian, performa akan selalu ada saat diperlukan. Namun di kecepatan tinggi, turbo yang berukuran lebih kecil akan dibypass, dan tekanan akan dihasilkan hanya oleh turbo yang lebih besar.

Untuk menyalurkan daya, Ford memasangkan transmisi baru buatan Getrag, dengan 10-speed. Menurut Ford, transmisi ini didesain untuk mengakomodir besarnya lontaran tenaga. Dengan 10-speed, rasio giginya bisa lebih lebar, dan memastikan tenaga selalu bisa disalurkan dengan selayaknya.

 

Di bagian kaki, Ford meminta bantuan FOX untuk mendesain shock absorber yang mumpuni untuk meredam getaran di medan off road, saat mobil dipacu kencang ataupun pelan. Hasilnya, Anda bisa lihat di video peluncuran di atas. Ingat, itu video peluncuran di hadapan media internasional. Gila!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.