Ini Dia, Honda HR-V Turbo!

Honda HR-V Turbo

Honda makin keranjingan mesin turbo. Setelah Honda CR-V dan Civic, kini giliran HR-V kebagian mesin dengan alat bantu induksi tersebut. Honda mengumumkan kehadirannya tepat satu hari setelah penutupan GIIAS 2018.

Tentunya, Honda HR-V ini belum masuk di Indonesia, karena yang mengumumkan Honda Inggris, untuk pasar Eropa. Di benua itu, HR-V mendapatkan mesin 1,5 liter VTEC turbo seperti yang digunakan oleh CR-V dan Civic. Sayang, tenaganya kurang spektakuler.

Honda HR-V 2018 Eropa
Mesin yang digunakan berbasis sama seperti Honda Civic. Hanya saja tenaganya diredam jadi 130 PS

Daya maksimum yang dihasilkan adalah 130 PS, atau lebih besar 10 PS dengan HR-V yang dipasarkan di Indonesia. Torsinya mencapai 155 Nm, dan diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam hitungan 10,9 detik untuk varian bertransmisi CVT. Sedangkan untuk varian manual (6MT), hasilnya adalah 10,2 detik. 

Dari luar, HR-V baru juga agak berbeda dengan yang ada di Indonesia. Grille depan didominasi oleh lapisan krom, yang diapit oleh sepasang lampu utama dengan pengarah cahaya proyektor, lengkap dengan lampu siang (DRL/Day-time Running Light) LED. Khusus untuk varian tertinggi, Honda membekalinya dengan lampu utama yang juga sudah berteknologi LED. 

Interiornya tidak banyak berbeda. Tapi Honda melakukan beberapa peningkatan kualitas. Yang paling signifikan adalah perbaikan pada sisi NVH (Noise, Vibration, Harshness), dengan mengganti material insulasi. Yang menarik, beberapa variannya dibekali dengan peranti peredam suara aktif, atau biasa disebut Active Noise Cancellation. Ini untuk pertama kalinya HR-V menggunakan fitur tersebut. 

Honda HR-V 2018
Honda HR-V 2018 untuk pasar Eropa punya pelek berbeda. Varian tertinggi dibekali ukuran 17 inci. Selain itu, untuk pertama kalinya ada HR-V dengan fitur peredam suara Active Noise Cancelling.

Selain mesin bensin 1,5 liter turbo, Honda juga memasarkan HR-V dalam varian mesin diesel. Kapasitasnya 1,6 liter, dengan teknologi pembakaran i-DTEC. Satu varian lagi yang paling rendah, punya mesin 1,5 liter VTEC seperti yang sekarang sudah digunakan. Mobil ini akan mulai dipasarkan bulan Oktober 2018 nanti. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.