Ford Mustang Rongsok Ini Bagian Dari Sejarah Otomotif Dunia

Kalau Anda suka mobil-mobil American Muscle atau Pony cars, harusnya nama Shelby tidak asing. Tuner Ford ini didirikan oleh Carol Shelby, dan punya penggemar fanatiknya sendiri. Ini karena ciptaannya selalu punya karakter yang khas. Kencang adalah salah satunya.

Nah, di masa-masa awal, Shelby yang pantang mundur, banyak melakukan eksperimen. Dan kadang, kalau gagal, dia buang begitu saja dan mencoba lagi. Salah satu kebiasaan Shelby yang gigih menciptakan sebuah kesempurnaan.

Shelby GT500 berbasis Ford Mustang. Ada beberapa cerita yang hilang di balik kelahiran GT500 ini.  

Tapi efek sampingnya, saat sudah melegenda begini, jadi susah mengumpulkan barang apa saja yang bernilai historis bagi dunia otomotif dari Shelby. Salah satunya adalah saat mereka menciptakan Shelby GT500 yang berbasis Ford Mustang. Mobil ini melegenda memang, tapi ada beberapa ‘cerita’ yang hilang saat proses kelahirannya.

Shelby GT500 adalah Ford Mustang yang dimodifikasi untuk menghasilkan performa dan penampilan yang menakjubkan. Biasanya bentuknya fastback (atap bagian belakangnya melandai) atau convertible.

Shelby Little Red
Inilah prototype Shelby GT500 berbasis Mustang Coupe merah, sebelum diputuskan akan menggunakan Mustang Fastback. Mobil diatas dijuluki Little Red. Kondisi sekarang bisa dilihat di foto utama. 

Pada awalnya, tahun 1967 Ford mengirimkan Mustang berbentuk coupe  untuk diuji untuk jadi GT500.  Warnanya merah, dan jadi kelinci percobaan beragam penggerak. Akhirnya dipilih mesin V8 berkapasitas 7.0 liter dengan transmisi otomatis 3-speed. Inilah kalau boleh dibilang, mobil yang melahirkan ‘soul’ sebuah GT500.

Setahun kemudian, dikirim lagi Mustang coupe warna hijau, yang dipasang mesin V8 Shelby.  Mustang hijau ini difokuskan untuk masalah suspensi. Makanya,  ini jadi Mustang langka karena satu-satunya yang punya kaki berbeda. 

Ford Mustang 1968
The Green Hornet, jadi kelinci percobaan kedua untuk masalah suspensi. Kalau kesulitan membedakan dengan yang diatas, perhatikan pelek dan kap mesinnya. 

Kedua Ford Mustang coupe itu , dijuluki Little Red dan Green Hornet, menjadi legenda karena hanya dua coupe itu yang disentuh Shelby. Sebelum akhirnya menggunakan model fastback. Keduanya dikembalikan ke Ford. Biasanya, oleh Ford dihancurkan. Tapi, Green Hornet beruntung karena dibeli karyawan Ford. Little Red kemudian menghilang.

Hingga beberapa hari yang lalu, situs lelang Barrett Jackson mengumumkan mereka menemukan Little Red. Di tempat rongsokan di Texas, dalam kondisi mengkhawatirkan. 

The Green Hornet lebih beruntung karena berada di tangan yang tepat, dan sudah direstorasi 

Craig Jackson, CEO Barrett-Jackson, yang juga pemilik sang Green Hornet saat ini, menemukannya berkat ketekunan dan penasaran. Jackson dan Jason Billups, seorang ahli sejarah mobil, mencari tahu keberadaan mobil Little Red melalui VIN (nomor rangka) yang dikeluarkan oleh Ford untuk Little Red.

Tapi Jackson dan Billups merasa masih ada cerita lain dari mobil ini yang bisa digali. Karena itu, mereka meminta kepada pecinta Mustang dan Shelby, atau siapapun yang tahu apa yang terjadi pada mobil ini, untuk menceritakan di situs Barrett-Jackson.

Little Red dan Green Hornet, yang nama aslinya Shelby GT500 EXP adalah bagian dari sejarah otomotif dunia, yang kemudian melahirkan Shelby GT500, The Legend yang tidak pernah mati. Hingga sekarang.  

Foto: Barret-Jackson, Silodrome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.