Mercedes-Benz Perkenalkan Mobil Listrik Pertamanya

Mercedes-Benz EQC 400 4MATIC

Resmi sudah, Mercedes-Benz turun di kancah persaingan mobil listrik. Perkenalkan, Mercedes-Benz EQC 400 4MATIC, SUV bertenaga listrik yang jadi andalan pertama pabrikan Jerman itu, menghadapi Tesla.

EQC 400 2019
EQC 400 menggunakan baetrai lithium-ion terbaru dengan kapasitas cukup besar. Jarak tempuhnya lebih dari 300 km. Kalau diibaratkan, bias menempuh Jakarta-Bandung (PP) kalua tidak kena macet.

Diperkenalkan di Stockholm, Swedia, Mercedes-Benz EQC 400 4MATIC dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 80 kWh, yang diharapkan mampu membawa mobil hingga 320 km. Waktu pengisian ulangnya paling cepat 40 menit.

Mercedes-Benz memilih Stockholm sebagai tempat peluncuran SUV elektrik EQC 400 4MATIC

Sebagai penggerak, pabrikan Jerman tersebut memberikan dua mesin listrik untuk menggerakan kedua sumbu roda. Karena itu, sah kalau SUV ini disebut memiliki penggerak empat roda (AWD, atau 4MATIC dalam istilah mereka).

Mercedes-Benz first electric car
Desainnya jauh berbeda dari SUV Mercedes-Benz. Ini bias dimengerti karena EQC adalah segmen baru yang benar-benar berbeda.

Selain bentuknya yang futuristis, EQC 400 juga punya teknologi rumit yang canggih. Contoh paling gampang adalah kedua mesin listriknya punya karkater berbeda. Yang depan sebagai penggerak Utama yang mengedepankan efisiensi saat berkendara dengan beban wajar. Sedangkan penggerak di belakang dirancang untuk memberikan rasa berkendara yang sporty. Semuanya diatur oleh komputer.

Ada juga Eco Assist System yang tidak hanya membuat berkendara lebih efisien. Tapi juga memberikan saran bagi pengendara, kapan harus mengangkat pedal gas. Contohnya saat mendekati daerah dengan batas kecepatan yang berbeda. Sistem ini mengambil masukan dari berbagai sensor dan radar yang terpasang di mobil.

Mercedes electric car
Bentuknya terlihat dinamis sekaligus futuristis. Mobil ini didaulat untuk menghadapi Tesla Model X yang fenomenal.

Mercedes akan mulai memproduksi mobil ini pada paruh pertama tahun 2019. Pabrik yang ditunjuk terletak di Bremen. Nantinya, pabrik mereka di Cina juga akan memproduksi EQC 400. Penjualannya akan bermula pada 2020. Harganya masih belum diumumkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.