5 Hal Menarik BMW 3-Series 2019

BMW akhirnya meluncurkan generasi terbaru 3-Series, yang diberi kode G20. Kemunculan sedan tulang penggung BMW ini cukup dinanti oleh pasar dunia karena penggemarnya bejibun. 

3-Series baru ini diperkenalkan di Paris Motor Show 2018 kemarin (01/10/2018), dan akan mulai disebar ke showroom Maret tahun depan. Untuk awal, hanya ada dua trim dengan enam varian yang dihadirkan. Model yang lebih kencang seperti M3, akan diperkenalkan paling cepat 2020 nanti.

Sebagai mobil baru, tentunya ada banyak inovasi yang dibawa. Desainnya lebih terlihat sebagai sebuah evolusi ketimbang revolusi. Lalu, apa saja yang baru? Simak di bawah ini.

1. Makin Bongsor

Dimensi BMW 3-Series 2019 membengkak. Bahkan kalua boleh dibandingkan, dimensinya kini lebih besar sedikit dari BMW 5-series tahun 2002 (E39), dalam hal jarak sumbu roda atau wheelbase. G20 punya wheelbase 2.851 mm, atau hampir 25 mm lebih panjang dari E39.

G20 juga punya jarak pijak yang lebih lebar dibanding generasi sebelumnya (F30), yaitu 1.589 mm di depan (+41 mm) dan 1.604 mm untuk belakang (melebar 21 mm).  Artinya, mobil ini akan punya kestabilan yang lebih baik. 

Secara keseluruhan, dimensi BMW 3-Series baru adalah:
Panjang: 4.709 mm
Lebar: 1.872 mm
Tinggi: 1.442 mm
Ground clearance: 136 mm

2. Body Lebih Kokoh Tapi Ringan

Kelebihan BMW Seri 3

Ini menarik. BMW mengklaim mereka berhasil membuat 3-Series G20 menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Mereka mengklaim bobotnya terpangkas hingga 55 kg, kini 1.545 kg. Pemangkasan terjadi karena penggunaan material baja ringan dan aluminium di beberapa tempat. Contohnya, rangka body dibuat dari baja ringan, dan kaki-kaki alumunium .  

Selain itu, G20 juga punya distribusi bobot yang seimbang (50:50). Kombinasikan dengan jarak pijak roda yang lebih lebar, maka handling jempolan akan tersedia.

3. Lebih Aerodinamis

BMW 3-Series baru kini memiliki body yang lebih aerodinamis. Jika sebelumnya angka Coefficient of Drag (Cd) berada di angka 0,26 kini 0,23. Kemajuan itu didapat dari bentuk body, dan beberapa elemen lain. 

Pertama, bagian kolong kini lebih tertutup sehingga udara bisa mengalir dengan lancar. Kedua, BMW mendesain pelek yang juga mampu memberikan aliran Udara yang lancar. Dan ketiga, adanya Air Curtain di kidney grille yang kini terlihat lebih besar.

4. Suspensi Canggih

Ada beberapa hal menarik soal suspensi 3-Series baru ini. BMW memberikan sentuhan teknis yang kompleks untuk menyuguhkan rasa berkendara yang nyaman dan stabil, sekaligus tetap mempertahankan karakter sporty.

Intinya, BMW menambahkan damper hidrolis di depan, dan membatasi kompresi suspense di belakang. Kedua system ini sangat aktif, sinsitif dan variatif, mengikuti seberapa besar per meregang atau tertekan. Kemudian melakukan penyesuaian kekerasan shockbreaker. Diklaim BMW, ini akan mengurangi efek body limbung, menukik, saat bermanuver atau melewati jalan yang tidak rata.

Selain suspensi standar di atas, konsumen juga bisa memilih Adaptive M Suspension yang cara kerjanya kurang lebih sama, tapi pengemudi lebih punya kuasa.  Suspensi M Adaptive dikendalikan secara elektronik, menggunakan kendali di dashboard. Modenya ada dua yaitu Sport atau Comfort. 

5. Mesin

Untuk saat ini, BMW 3-Series 2019 baru tersedia dalam enam varian yaitu 320i, 330i 318d, 320d, 320d xDrive dan 330d. yang akhirannya I, dibekali mesin bensin empat silinder segaris dengan transmisi 8-speed Steptronic. Bedanya 330i punya tenaga lebih besar yaitu 258 hp dengan torsi 400 Nm. Sedangkan 320i agak lebih ‘sopan’ dengan 184 hp, torsi 300 nm.

Sedangkan varian D, dibekali mesin turbodiesel. 318d dan 320d, memiliki konfigurasi empat silinder segaris dan dikawinkan dengan gearbox 6-speed manual. Untuk dua varian ini, transmisi otomatis 8-speed adalah opsional (di pasar Eropa). Tenaganya masing-masing adalah 150 hp dan 190 hp. Torsinya 320 Nm untuk 318d dan 400 Nm untuk 320d. Khusus 320d, BMW juga memberikan varian dengan penggerak xDrive alias gerak empat roda. 

Terakhir adalah rajanya, BMW 330d. Untuk saat ini, hanya 330d yang mengusung mesin enam silinder turbodiesel. Makanya jangan heran kalau torsinya menyentuh 580 Nm, dengan tenaga mencapai 265 hp.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.