Nissan Qashqai Pakai Mesin Baru, X-Trail Kapan?

Nissan Eropa mengumumkan kehadiran Nissan Qashqai baru kemarin (08/10). Crossover sekelas Nissan X-Trail ini diberikan mesin baru dengan kapasitas 1,3 liter plus imbuhan turbocharger. Yang menarik, mesin ini dikembangkan Bersama oleh Nissan-Renault Alliance, dan Daimler. 

Memang, sebelumnya ada varian Nissan Qashqai yang menggunakan mesin berinduksi, namun kapasitasnya lebih kecil yaitu 1,2 liter. Kini, dengan dengan mesin 4-silinder baru itu, Qashqai punya dua versi tenaga yaitu 138 dan 158 hp.  

Mesin baru untuk Nissan SUV

Penyalur tenaganya ada dua, yaitu 6-speed manual atau otomaatis dengan koling ganda (dual clutch/DCT). Inilah untuk pertama kalinya ada mobil masal Nissan yang menggunakan transmisi DCT. 

Mesin baru ini memiliki banyak kemajuan dibanding mesin 1,2 liter turbo sebelumnya. Dimensi yang lebih ringkas, desain ulang untuk manifold knalpot yang akan meningkatkan manajemen suhu gas buang (yang masuk ke turbin), hingga bentuk silinder head yang diperbaharui. 

Nissan Eropa mengatakan bahwa Qashqai akan punya tiga varian dengan output torsi yang berbeda. Mesin dengan tenaga 138 hp punya torsi 240 Nm dan hanya punya pilihan transmisi manual. 

Versi berikutnya, bertenaga 158 hp dengan transmisi manual punya torsi 260 Nm. Pada varian inilah ada Qashqai dengan opsi DCT tadi. Torsinya mencapai 270 Nm. 

Interior Nissan Qashqai 2018

Menurut klaim Nissan, deretan mesin baru ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dan sporty. Ditambah dengan fitur multimedia baru yang lebih canggih. 

Lalu, apakah akan juga digunakan oleh Nissan X-trail? Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Qashqai dan X-Trail menggunakan platform yang sama yaitu CMF-CD yang dikembangkan bersama oleh aliansi Renault-Nissan. Tunggu saja,  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.