Volkswagen Kenalkan T-Cross, Pesaing Honda HR-V

Jajaran produk SUV Volkswagen (VW) bertambah lagi. Kali ini VW T-Cross akan mengisi slot pasar di bawah VW Tiguan, dan berhadapan dengan crossover macam Honda HR-V, Chevrolet Trax dan sejenisnya, dari sisi dimensi. 

VW T-Cross

Menurut rilis yang kami dapatkan dari VW, T-Cross memanfaatkan platform MQB A0 yang memang dibuat untuk jadi basis mobil kecil. Meski kecil, tapi dijanjikan punya utilitas tinggi, pengendalian yang jempolan dan fitur komplit.

Salah satu yang menonjol adalah, dengan panjang 4,11 meter, VW T-Cross bisa punya wheelbase 2,56 meter. Ini berkat platform modular tadi, yang memungkinkan engineer VW meletakan sumbu roda jauh lebih ke depan atau ke belakang. 

Dashboard VW T-Cross

Itulah kenapa mereka mengklaim mobil ini fungsional dengan kabin yang lega (wheelbase besar), dan punya pengendalian yang asik berkat overhang yang pendek. 

T-Cross

VW T-Cross diposisikan sebagai entry level VW untuk segmen SUV. Meski begitu, ketatnya persaingan di tingkat ini, membuat desainernya putar otak melengkapi fitur. Jangan heran kalau di mobil ini sudah punya peranti multimedia yang komplit, alat bantu berkendara yang lengkap seperti blind spot monitoring dan sebagainya, hingga climate control (untuk varian tertentu).

Bagasi T-Cross

Unsur fungsional juga didukung oleh lantai bagasi yang bisa diatur ketinggiannya. Dan tentu saja punya kapasitas bagasi lumayan besar. Saat kursi belakang digunakan, kapasitasnya berkisar 385 hingga 455 liter dengan mengatur ketinggian lantai. Lipat kursi belakang dan volume bagasi bisa sampai 1.281 liter. 

Brand ambassador VW T-Cross

Jantung mekanisnya disediakan tiga pilihan mesin bensin TSI dan satu turbodiesel (TDI). Dua mesin bensin memiliki konfigurasi 3-silinder berkapasitas 1,0 liter turbocharged. Masing-masing punya daya 94 dan 113 hp. Satu mesin bensin lainnya memiliki empat silinder dengan kapasitas 147 hp.

Terakhir, mesin turbodiesel berkapasitas 1,6 liter dengan empat silinder. Tenaganya 94 hp. Sayangnya, VW tidak menyebutkan transmisi apa yang mendampingi deretan mesin ini. Tapi karena mengusung platform yang sama dengan VW Polo, kemungkinan 6-speed otomatis DSG atau 6-speed manual. 

SUV VW T-Cross akan mulai dijual di daratan Eropa bulan Januari nanti. Dengan harga mulai dari Rp 310 jutaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.