5 Mobil Klasik Wajib Dimiliki Kalau Mau Dibilang Hebat

Mobil apapun pasti akan jadi klasik pada waktunya. Tapi tidak sembarang mobil bisa dibilang klasik dan berkelas. Perlu sebuah nilai tambah dari sekedar umur, masa pakai, atau merek. 

Di bawah ini lima mobil klasik yang patut diacungi jempol berkat inovasi yang maju pada zamannya, mewah ataupun unik. Dan ini wajib dimiliki oleh para pecinta mobil klasik. Paling tidak, wajib diimpikan.

Mercedes-Benz 300 SL Gullwing

Sportscar Mercedes-Benz ini dibuat antara tahun 1955 hingga 1965. Terserah mau tahun berapa, tapi mobil ini wajib dimiliki karena keunikan dan performanya. Tersedia dalam bentuk roadster ataupun coupe dengan pintu membuka ke atas (gull wing). Dibekali mesin 6-silinder 3,0 liter berkekuatan 240 hp.

Mercedes-Benz 300 SL dibuat sebagai mobil balap, yang digunakan di jalan raya. Karena itu, jangan heran kalau mesinnya sudah menggunakan direct injection, body alumunium meski tidak semua (Mercedes menyediakan opsi untuk menggunakan all aluminium body, harganya yang gila menjadikan hanya 29 unit dipesan). Kini, harga Mercedes-Benz 300 SL dalam kondisi prima sekitar US $1.000.000 sampai $2.500.000

Chevrolet Bel Air 

Chevrolet Bel Air 1955
Chevrolet Bel Air 1955 

Chevrolet memperkenalkan sedan ini tahun 1950, dan berlanjut sampai 1975. Di Indonesia dan dunia, Chevrolet Bel Air memang banyak diminati. Terutama generasi kedua yang muncul tahun 1955. Ini berkat desainnya yang dianggap melompat dari generasi sebelumnya, serta performa dan kenyamanan. 

Bel Air generasi kedua dibekali dengan mesin V8 dengan pilihan transmisi otomatis Powerglide 2-speed (!) atau  3-speed manual. Media Amerika seperti Motor Trend dan Popular Mechanics yang waktu itu masih berbentuk majalah, menyatakan kepuasannya terhadap Bel Air. Mesin kencang, bahkan jika menggunakan Powerglide sekalipun, akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 12,9 detik.

Hal lain yang patut diacungi jempol adalah, kabin yang lega dan berkualitas, bidang pandang luas, hingga suspensi yang nyaman. 

Toyota 2000GT

Toyota 2000GT
Toyota 2000GT, mobil iconic Toyota. 
foto: Wikipedia

Inilah kolaborasi apik dari Toyota dan Yamaha, desainnya dikerjakan oleh orang Jerman bernama Albrecht Goertz, yang pernah kerja untuk Nissan. Bahkan aslinya, desain ini akan diberikan kepada Nissan. Tapi tidak jadi.

Yamaha sebetulnya punya andil lebih besar di mobil ini. Desainnya mereka yang ‘bayarin’, dan Toyota memberikan sentuhan penyempurnaan dengan menurunkan desainer Satoru Nozaki. Kontrak kepada Yamaha diberikan untuk merakitnya, kemudian dijual di dealer Toyota di Jepang.

Lekukan body-nya yang bersih dan rapi mengundang decak kagum bahkan untuk ukuran mobil modern sekalipun. Di balik kap mesin yang panjang tersemat mesin 6-silinder buatan Yamaha, yang mampu menghasilkan tenaga 150 hp. 

Salah satu cerita menarik adalah, mobil ini digunakan oleh James Bond yang diperankan oleh Sean Connery. Di film berjudul You Only Live Twice, Toyota harus membuat versi convertible hanya karena Sean Connery punya postur jangkung, dan kepalanya tidak muat. Karena dibuat untuk film, tercatat hanya ada dua unit yang diproduksi.

Lamborghini Countach

Dibanding Lamborghini sekarang, desain Countach mungkin biasa saja. Tapi inilah supercar yang menjadi batu lompatan bagi pabrikan Italia itu. Desain bersudut tajam yang dibuat oleh Marcello Gandini, desainer rumah desain Bertone, jadi populer oleh mobil ini, meski bukan yang pertama menggunakannya. Tapi yang paling iconic tentu saja pintu ‘gunting’ yang membuka ke atas. 

Dibuat antara 1974 hingga 1989, Lamborghini kemudian mempertahankan desain bersudut lancip ini hingga sekarang. Jadi kalau melihat Aventador, Gallardo, bahkan Diablo dengan bentuknya yang unik, awalnya dari Countach. 

Di balik ekornya terpasang mesin V12 dengan beragam kubikasi, tergantung varian yang dipilih. Mulai dari 3,9 hingga 5,2 liter. Tenaganya juga bervariasi, mulai dari 370 hp hingga 449 hp. 

Volkswagen Type 14A Hebmueller

Photo by Stahlkocher via Wikipedia
VW Type 14A Hebmuller. Hanya ada 696 unit di dunia. 

Bagi yang awam ini mungkin terlihat sperti VW kodok biasa. Tapi penggemar VW akan langsung mengenallinya sebagai salah satu produk langka yang dibuat oleh VW, setelah perang dunia kedua.

Setelah perang, organisasi VW dipegang oleh militer Inggris. Mereka menginginkan VW untuk membuat mobil cabriolet (atap terbuka), dan menunjuk pabrik karoseri Karman dan Hebmuller untuk merealisasikan permintaan itu. Dengan syarat, menggunakan sebanyak mungkin komponen VW Type I (Beetle/kodok). 

VW kabriolet buatan Hebmuller terlihat berbeda jika dilihat dari samping. lengkungan di depan dan belakang dibuat simetris, dan terlihat lebih elegan. Sementara bagian mekanikal mengambil langsung dari VW kodok. 

Nah, yang membuat mobil ini bernilai adalah, hanya ada 696 unit yang dibuat. Pabrik Hebmuller mengalami kebakaran hebat, dan mengganggu aliran finansial mereka pada tahun 1950. Akhirnya, tahun 1952 produksi Type 14A dipindah ke pabrik Karmann, dan 1953 mobil ini dihentikan produksinya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.