Percaya Atau Tidak, Maserati Pernah Bikin Motor

Kesalahan administratif berujung pada lahirnya motor Maserati 125 Tipo T2, motor yang Anda lihat di sini. Dan bukan hanya Tipo T2, mereka sempat juga membuat beragam motor dengan kapasitas mesin dari 125 hingga 250 cc. 

Maserati 125 Tipo T2

Bagaimana bisa Maserati membuat motor? Ceritanya berawal di era awal 1950. Maserati, pembuat mobil kencang terpecah menjadi tiga perusahaan. Yang pertama adalah Maserati Automobili pembuat mobil, kemudian Fonderie di Modena yang bergerak di bidang pengecoran dan terakhir Fabbrica Candele e Accumulatori Maserati (FCAM), pembuat lilin, lampu dan baterai. 

Motor Maserati

Secara hukum, yang berhak menyematkan logo Trident hanya Maserati Automobili. Tapi kesalahan administratif, berujung pada penggunaan logo tersebut oleh FCAM, dan melahirkan Maserati Motorcycles, yang produknya tidak kalah eksotis dengan pabrikan motor lain. 

Suspensi motor maserati

Proses lahirnya pun terdengar mudah. Pasca perang dunia kedua, sepeda motor adalah moda transportasi yang digemari orang Italia. FCAM kemudian menemukan perusahaan motor kecil, Italmoto di Bologna yang mereka ambil alih tahun 1953. Produk Italmoto ini yang kemudian ditempelkan logo Trident, dan Maserati Motorcycles pun hadir. 

Mesin motor maserati

Tipo T2 adalah produk pertama mereka. Mesinnya 2 tak, berkapasitas 123 cc. Jantung mekanis ini juga bukan mereka yang buat, karena berbasis produk DKW. Pasokan BBMnya dilakukan oleh karburator ukuran 24 mm dan tenaganya 6,5 hp memuncak di 5.000 rpm. Top speed juga tidak kencang-kencang amat, hanya 90 km/jam.

Yang paling penting adalah harganya ekonomis. Apalagi di jaman itu, Italia sedang pemulihan dari masa perang. Terlebih lagi, ada logo Maserati yang sudah dikenal sebagai pembuat mobil berperforma. 

Tapi, seperti yang bisa Anda lihat, tampilannya memang menarik dan eksotis dengan tangki panjang dan setang yang rendah. Mesin dan rangka dibiarkan telanjang tanpa ada imbuhan ini itu. 

Nah, motor yang Anda lihat di sini, adalah salah satu contoh Tipo T2 yang berhasil direstorasi. Motor ini dilelang oleh situs Artcurial dengan perkiraan harga 16.000 Euro. Luar biasa. 

Sumber: Rideapart & Artcurial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.