Bikin Galau, Mazda Patenkan Nama MX-6

Anak 80-90an pasti paham betul apa itu Mazda MX-6. Mobil dua pintu ini sekarang jadi barang yang diincar kolektor mobil Jepang di Indonesia. Terakhir muncul tahun 1997, dan hanya ada dua generasi. Di Indonesia malah hanya ada yang generasi pertama. MX-6 kemudian dihilangkan tanpa ada kepastian kapan bangkit lagi. 

Tanggal 3 Desember lalu, situs AutoGuide memergoki nama Mazda MX-6 didaftarkan ke Japan Patent Office sejak 16 Oktober 2018. Penggunaan nama ini mencakup ‘Mobil, suku cadang, dan aksesoris’. 

Mazda MX-6
Foto: Wikipedia

Ini lantas membuka serentetan pertanyaan. Mulai dari akankah bentuknya seperti mobil konsep RX Vision yang super keren itu? Apakah mesinnya pakai rotary? Well, untuk menjawab itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Pertama, seperti dikutip dari Drive, CEO Mazda Akira Marumoto menyatakan “Mazda tidak berminat membuat mobil sport dengan mesin Rotary.” Tapi soal RX-Vision, sepertinya ada harapan. Marumoto mengatakan bahwa Mazda tidak akan memproduksi mobil tersebut, tapi desainnya jadi basis bentuk mobil-mobil Mazda. Contoh jadinya ada di Mazda3 yang paling baru. 

Mazda RX-Vision Concept

Jujur, saat melihat kemunculan nama MX-6 di dunia maya, sekaligus membaca penegasan Marimoto, rasanya campur aduk. Kemungkinan akan ada mobil sport baru dari Mazda yang bentuknya berdasarkan RX Vision, tapi pupus juga harapan akan kelahiran kembali mesin hebat yang legendaris. 

Tapi bagi yang paham, Mazda MX-6 memang tidak pernah hadir dalam format bermesin rotary, karena memang eksklusif untuk keluarga Mazda RX. Paling bagus bermesin V6 yang muncul di generasi kedua. Lainnya menggunakan konfigurasi empat silinder segaris. 

Jadi apa yang bisa kita harapkan dengan dipatenkannya nama MX-6 ini? Pertama, kemungkinan inilah yang akan mengadopsi sebagian besar bentuk RX-Vision. Kedua, SKYACTIV X hampir bisa dipastikan akan menjadi salah satu pilihan penggeraknya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.