Triumph Speed Twin 2019: Kembalinya Motor Bersejarah

Inilah salah satu motor yang akan membuat gaduh pasar moge tahun depan. Triumph Speed Twin, selain jadi produk penting Triumph, juga jadi kebanggaan tersendiri bagi Inggris. Motor ini diperkenalkan di Paris, (03/12). 

Triumph Speed Twin 1200

Kalau dirunut ke belakang, Triumph Speed Twin adalah motor pertama buatan Inggris yang menggunakan konfigurasi mesin silinder ganda paralel (twin parallel engine). Hadir pertama kali tahun 1937. Bahkan kesuksesan Speed Twin menginspirasi pabrikan motor lain untuk membuat konfigurasi serupa, setelah perang dunia kedua berakhir. Nama Speed Twin sendiri menghilang sejak 1966. Kisah detailnya akan kami sampaikan di artikel terpisah nanti. 

2019 Speed Twin

Anyway, Speed Twin baru mengusung desain roadster retro yang cantik dan bikin ngiler. Mesinnya 1.200 cc dua silinder (pastinya) serupa dengan milik Triumph Bonneville dan Thruxton R, hanya saja ada tuning ulang sehingga tenaganya mencapai 97 ps dengan torsi puncak 112 Nm. Selain tuning, penggunaan material seperti magnesium membuat bobot mesin terpangkas 2,5 kg. 

Triumph mengklaim bahwa motor  ini punya handling paling hebat di kelasnya. Chassis baru yang dipakai adalah hasil modifikasi dari rangka Triumph Thruxton, dengan bobot 10 kg lebih ringan dari Thruxton. Suspensi depan-belakang dibuat oleh Kayaba.

Twin Speed 1200

Suspensi baru, rem ABS, pelek 17 inci dengan ban Pirelli Rosso Corsa 3 dihadirkan untuk melengkapi posisi berkendara yang tegak. Inilah kenapa Triumph berani menjanjikan Speed Twin mampu memberikan pengendaraan yang nyaman, lincah dan dinamis.

2019 Speed Twin

Fiturnya juga menarik. Selain rem ABS, pengendara dibantu oleh tiga riding mode yang bisa dipilih. Kemudian ada traction control yang bisa dimatikan kalau mau. Teknologi ride by wire sudah digunakan sehingga Anda tidak akan melihat adanya kabel gas. Tidak lupa, lampu depan dan belakang sudah menggunakan LED yang hemat daya. 

Sayangnya, Triumph baru akan mengumumkan harganya bulan Januari 2019 nanti. Sabar, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.