5 Mobil Baru Layak Tunggu di Tahun 2019

2018 akan segera ditutup. Tahun ini dunia otomotif seperti biasa, cukup dinamis. Terutama aetelah presiden Amerkia serikat Donald Trump memberlakukan beragam tarif. Tapi 2019 juga sepertinya tidak kalah menarik. Politik dagang masih akan membuat gonjang ganjing, tapi kembalinya nama-nama legendaris seperti Land Rover Defender dan Toyota Supra akan menghias perjalanan halaman otomotif, plus beberapa mobil menarik lainnya. Kami sarikan beberapa yang paling penting. 

Land Rover Defender

Land Rover Defender spyshoot by TopGear
Foto: TopGear

Buat yang fanatik mungkin akan kecewa dengan bentuk yang melenceng dari aslinya. Tapi Land Rover janji, nilai-nilai yang ada di Defender akan tetap ada. Itu artinya kemampuan off road khas tetap dijaga, punya body full aluminium plus sentuhan modernisasi. Rencana Land ROver termasuk memasarkan mobil ini secara global, termasuk untuk pasar Amerika Serikat. Terakhir ada Land Rover Defender di negara itu tahun 1997. Kita tunggu saja.

Ford Bronco

Foto: bronco6g.com

Bukan nama yang familiar bagi pasar Indonesia karena memang mobilnya jarang beredar di jalanan negeri ini, tapi mobil ini dicintai penggemar off road berkat kemampuannya yang jempolan dan dimensi ringkas. Kalau mau diibaratkan, Suzuki Jimny dibesarkan sedikit, dan dimasukkan mesin besar. Ford memberikan lampu hijau untuk produksi Bronco generasi baru, tapi detilnya masih dirahasiakan. Misinya jelas: Hantam Jeep Wrangler!

Porsche Taycan

Elektrifikasi jadi fokus utama pabrikan mobil. Termasuk Porsche. Terlepas dari namanya yang terdengar seperti sate, Porsche Taycan adalah mobil full electric yang disiapkan untuk menggoyang kedigdayaan Tesla. Penggerak listrik berdaya besar, baterai yang efisien jadi senjata utama selain nilai kemewahan dan sporty. Khas Porsche. Mobil ini sudah diperkenalkan ke publik beberapa waktu yang lalu, dan kemungkinan akan dijual setelah Agustus 2019.   

Toyota Supra

Toyota Supra masih juga bikin penasaran. Padahal fotonya sudah beredar banyak di Internet. Toyota mengembangkan mobil ini bersama BMW, dan dari pabrikan Jerman sudah muncul BMW Z4. Beberapa hal menarik dari proyek bersama ini adalah, Supra akan dirakit di Austria bersama Z4, punya pilihan bermesin BMW, dan jadi bagian dari ‘the three brothers’, alias tiga mobil sport Toyota yang akan menghiasi port folio produk mereka di masa yang akan datang. Isinya, Toyota 86, Supra dan satu lagi masih misteri.  

Daihatsu Xenia/Toyota Avanza

Kok jomplang dari mobil legend ke mobil produksi masal? Kedua nama ini adalah pengukir sejarah otomotif di Indonesia. Dulu, keduanya muncul di saat pasar sedang jenuh karena dominasi Kijang. Hasilnya, bertahun-tahun jadi raja jalanan. Daihatsu dan Toyota mengakui mereka sedang menyiapkan model barunya, tapi tidak mau mengaku kapan siap. Dunia Internet yang kadang sok tahu lantas berspekulasi soal bentuk. Yang jelas, modelnya berbasis Daihatsu DN Multisix. Prinsipal mereka sudah mendesak untuk segera menghadirkan model baru Avanza-Xenia karena dominasinya mulai goyang oleh Mitsubishi Xpander

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.