Empat Naked Bike Praktis Pendukung Mobilitas Harian

Lama-lama perkembangan motor mulai seperti handphone. Setiap tahun ada saja yang baru. Kalau ada rencana beli motor terkini tahun ini, ada baiknya pertimbangkan naked bike. Motor dengan genre ini biasanya memiliki posisi pengendaraan yang lebih baik, lebih lincah dan gagah. Tergantung selera, memang, tapi intinya kalau mau motor harian yang berbeda dan berkelas, naked bike salah satu solusinya. Ini beberapa motor telanjang yang bisa dipertimbangkan untuk mendukung mobilitas sehari-hari.

Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 2019

Ya, motor ini diam-diam diperkenalkan oleh Yamaha Motor di Indonesia. Harganya Rp 34.950.000 (OTR DKI). Anehnya, mereka belum menghilangkan Yamaha Xabre, yang harusnya digantikan oleh MT-15 ini. Mungkin stok Xabre masih banyak. Entahlah. Yang jelas MT-15 seperti dikatakan adalah penerus Xabre, dirakit di Indonesia, Desainnya tipikal motor naked dengan stang lebar, buritan pendek. Dari bentuknya saja sudah terlihat kalau motor ini lincah.

Mesinnya 1-silinder berkapasitas 155 cc, sudah punya pengaturan katup VVA. Daya puncak mencapai 19,9 ps dengan torsi puncak 14,7 Nm. Penyalur tenaga adalah transmisi manual 6-speed yang sudah dilengkapi dengan slipper clutch.

Yamaha MT-25

Yamaha MT-25 2018

Yang satu ini sepertinya sudah mendesak untuk disegarkan penampilannya. Meski begitu, MT-25 adalah motor yang bisa diandalkan dengan mesin 2-silinder 250 cc. Punya delapan katup, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 36 ps, dengan torsi 22,6 Nm.

Posisi berkendara lebih tegak dari saudara kembarnya, R25 berkat pemakaian stang lebar. Cover tangki didesain kekar dan membuat penampilan lebih gagah. Rangkanya menggunkan diamond frame, disukung suspensi depan teleskopik, dan monoshock dengan swing arm di belakang.

Masalahnya hanya satu: mukanya kurang mencerminkan sebuah Yamaha MT, karena posisi dan desain lampu yang terlalu biasa. Itulah kenapa, desainnya sudah mendesak untuk disegarkan. Saat ini harga Yamaha MT-25 Rp 48 juta, on the road wilayah DKI. Kabarnya, Yamaha sudah memulai pengembangan MT-25 baru, mengikuti Yamaha R25 sudah lebih dulu ganti paras.

Kawasaki Z250

Kawasaki Z250 ABS

Satu lagi motor naked menarik, tapi sudah perlu disegarkan. Ini adalah kompetitor langsung Yamaha MT-25. Bagusnya, Kawasaki Z250 hadir dalam dua varian yaitu Z250 dengan rem ABS dan non-ABS. Banderolnya terbilang spektakuler. Harga Kawasaki Z250 ABS Rp 60 juta. Sedangkan Z250 standar dihargai Rp 53.900.000. Keduanya adalah harga OTR Jabodetabek.

Konfigurasi mesinnya serupa dengan MT-25, 2-silinder berkepasitas 249 cc, dengan empat katup per silinder. Tenaga puncaknya mencapai 32 PS dengan torsi 21 Nm. Beda tipis dengan MT-25.

Kakinya didukung suspensi teleskopik berukuran 37 mm di depan, dan monoshock dengan lengan ayun di belakang. Secara desain, Kawasaki Z250 memang terlihat paling kekar. Lampu depan dan tangki yang lebar, hingga ukuran knalpot yang juga besar.

Benelli TNT

Benelli TNT 250

Nama benelli mungkin belum begitu terdengar di Indonesia. Tapi pabrikan ini sudah ada sejak 1911 di Italia, dan sahamnya kini dikuasai oleh perusahaan Cina. Salah satu produk yang dipasarkan di Indonesia adalah TNT 250, motor naked dengan mesin 2-silinder 249 cc. Sekali lagi, performanya berbeda tipis dengan Yamaha MT-25 ataupun Kawasaki Z250.

Mesin Benelli TNT 250 memiliki tenaga puncak 31 ps dengan torsi 20 Nm. Angka ini menempel ketat sang Z250. Penampilannya memang terlihat biasa saja. Tapi kegagahannya terlihat dari postur yang lebar meski lampu depannya terlihat kurus.

Sebagai penopang, digunakan rangka tubular yang ringan. Suspensinya juga paling menarik diantara yang lain. Di depan, terdapat peredam kejut upside down dengan diameter 41 mm. Untuk menopang belakang, Benelli memberikan geometri suspensi tunggal yang hampir horisontal. Dan ini bisa dilihat dengan jelas, memberikan efek buas untuk TNT 250, secara visual. Motor ini juga satu-satunya yang menggunakan disk brake ganda di roda depan. Harga Benelli TNT 250 adalah Rp 51,5 juta (OTR DKI).

Sebagai penopang, digunakan rangka tubular yang ringan. Suspensinya juga paling menarik diantara yang lain. Di depan, terdapat peredam kejut upside down dengan diameter 41 mm. Untuk menopang belakang, Benelli memberikan geometri suspensi tunggal yang hampir horisontal. Dan ini bisa dilihat dengan jelas, memberikan efek buas untuk TNT 250, secara visual. Motor ini juga satu-satunya yang menggunakan disk brake ganda di roda depan. Harga Benelli TNT 250 adalah Rp 51,5 juta (OTR DKI).

KTM Duke Family

KTM Duke 250

KTM, pabrikan asal Swedia, punya beberapa produk Naked bike. Kalau mau menyesuaikan dengan harga rivalnya di atas, Duke 200 dan 250 bisa jadi pertimbangan. Keduanya dibekali desain yang sangat agresif dengan rangka yang bisa dilihat dengan jelas.

Duke 250 dibekali mesin bersilinder tunggal dengan kapasitas 248,8 cc. Tenaga puncaknya adalah 30 hp. Untuk mendukung pengendalian, KTM memberikan suspensi upside down berdiameter 43 mm. Terbesar diantara rivalnya. Rem cakram terpasang di kedua roda dan sudah dibekali dengan fitur ABS. KTM Duke 250 dihargai Rp 51,9 juta.

Adiknya, KTM Duke 200 dibekali dengan mesin silinder tunggal, berkapasitas 199,5 cc. Lontaran tenaganya juga lumayan, mencapai 25,4 hp. Lebih besar dari Yamaha MT-15 tadi. Sebagai penopang, rangka dan konfigurasi kakinya sama persis seperti KTM Duke 250. Sebagai ‘adik’, tentunya harga KTM Duke 200 lebih murah yaitu Rp 38 juta (Jabodetabek).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.