Kisah Misterius Mercedes-Benz W123 500 TE AMG

Mercedes Benz Tiger TE

Jujur, mobil kencang dengan tampang innocent adalah kesukaan kami. Termasuk Mercedes-Benz ‘Tiger’ 500TE station wagon, buatan tahun 1979 ini. Selain pernak pernik AMG, di dalam kap mesinnya terpasang penggerak seri M117 V8 5,0 liter. Tenaganya mencapai 237 hp. Tapi yang menarik adalah, tidak seorang pun mengaku pernah membuatnya. Termasuk AMG sendiri.

Tuner itu, di masa awal berdirinya memang pernah menjual kit konversi dari Mercedes standar supaya lebih kencang dan gaya. Tapi saat itu, dihargai DM 65.000. Harga yang luar biasa mahal untuk ukuran modifikasi. Dan tidak banyak yang menggunakannya.

Mercy TIger TE

Kembali ke mobil ini. Pertama ditemukan oleh orang California bernama Henric Nieminen tahun 2013 di Amerika Serikat. Pria itu juga seorang penggemar AMG, dan langsung melakukan penelusuran sejarahnya. Tentu Mercedes-Benz membuat basisnya. Tapi tidak ada yang mengakui siapa yang merubahnya menjadi model AMG. Kalau diperhatikan, mulai dari grille, body kit, pelek itu adalah material kit konversi tadi dan asli buatan AMG untuk seri W123 (Tiger).

Ditelusuri lebih dalam melalui nomor mesin. Ternyata Mercedes-Benz bilang, mesin itu tidak pernah dipasangkan di rangka mobil manapun. Jadi tidak mungkin mesinnya diambil dari Mercedes lain. Pemasangannya rapi dan profesional. Lengkap dengan engine mounting, header dan down pipe yang memang khusus disediakan untuk W123. Tidak lupa hadir juga oil cooler sekunder untuk membantu pendinginan oli mesin. Sebagai penerus daya, dipasangkan transmisi otomatis 4-speed.

MEsin merc tiger

Interiornya tidak kalah spektakuler. Pecinta mobil retro, silahkan ngiler! Jok Recaro Ideal C Seat buatan 1979 terpasang lengkap dengan pengaturan elektriknya. Kondisinya seperti yang bisa dilihat di foto. Jaman sekarang mungkin biasa jok elektrik begini, tapi di era itu, luar biasa. Buatan Recaro pula. Warna kabin didominasi beige, lengkap hingga ke setir buatan AMG asli.

Akhirnya semua berkesimpulan kalau mobil ini adalah hasil karya AMG, atau orang yang berada di lingkaran Mercedes-Benz dan AMG. Pengerjaannya pun mungkin hanya sebagai proyek sampingan. Soal tidak pernah tercatat mungkin karena di masa itu, AMG masih berantakan secara administrasi. Tapi bagaimanapun, biar dibilang mobil ghaib, tapi inilah sebuah masterpiece. Secara bentuk boleh sopan. Asal jangan ditantang untuk balapan.

Sumber: RM Sotheby


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.