Triumph Scrambler 1200 XE Meluncur di Indonesia!

Motor adventure bergaya retro, Triumph Scrambler 1200 XE, akhirnya mendarat di Indonesia. Didatangkan oleh APMnya, PT GAS Triumph, off roader asal Inggris ini melakukan debut dunia pada akhir 2018 lalu. Anda sudah bisa memesannya sekarang. Harga yang terpasang  Rp 545 juta (OFR).

Scrambler 1200 XE Indonesia

“Scrambler 1200 XE, cerminan (bagaimana) Triumph melihat tren dan gaya hidup bikers modern yang mencari sosok motor ikonik, untuk bisa mengekspresikan dirinya,” kata Yudi Yulianto, Direktur PT GAS Triumph Motorcycle saat peluncuran di Jakarta (24/02).

Scrambler 1200 XE 2019

Ia dibekali mesin silinder ganda dengan posisi paralel berkapasitas 1.200 cc. Mesin dengan injeksi elektronik dan ride by wire ini, sebetulnya bisa juga ditemukan di keluarga Triumph Boneville. Hanya saja, menurut yang buat sudah ditune agar sesuai dengan karakter motor off road. Karena itu, tenaganya mencapai 90 PS, dengan torsi puncak 110 Nm.

Triumph Scrambler 2019

Desainnya bisa dilihat, sangat off roader retro. Frame tubular jadi tempat bersemayam mesin yang dibiarkan telanjang, dengan pipa knalpot diposisikan tinggi (up-swept) agar aman saat berkendara di medan berat. Dan tidak perlu khawatir panas knalpot kena kaki, semua sudah diperhitungkan. Tentunya dengan harga motor 500 jutaan, kurang pantas kalau kaki masih juga kena panas knalpot. Jarak jok ke tanah adalah 870 mm.

Scrambler 1200 XE

Meski bentuknya retro, apa yang ada di baliknya ultramodern. Lampu utama bulat sudah dibekali LED, demikian juga lampu belakang. Ground clearance tinggi didapat dari suspensi depan model terbalik (up-side down) memiliki jarak main 250 mm dan diracik oleh Showa. Sementera di belakang, Ohlins sampai membuatkan suspensi adjustable khusus untuk Scrambler 1200. Ban ukuran 90/90-21 terpasang di depan, sementara belakangnya memakai 150/70 R17.

Lampu TRiumph Scrambler 1200

Triumph memilih Brembo sebagai penyedia rem depan dan belakang. Di depan ada cakram ganda sedangkan belakang pakai cakram tunggal. Keduanya dibekali kaliper monoblok. TIdak hanya itu, Scrambler 1200 XE ditanam teknologi pengereman Cornering ABS. Sesuatu yang rasanya mubazir di medan off road. Tapi jangan lupakan kata Cornering tadi, yang menurut Triumph sangat mumpuni untuk menjaga performa rem saat bermanuver. Berapapun sudut kemiringan motor.

Instrumen triumph scrambler

Bicara soal manuver, Triumph mengandalkan juga dengan kontrol traksi pintar yang bisa membaca kondisi manuver dan berkendara. Baik traction control maupun ABS, semuanya diatur oleh ‘otak elektronik’ buatan Continental, yang bisa membaca berbagai kondisi mulai dari lean angle (sudut kemiringan), gaya berkendara, akselerasi, dan sebagainya. Benda inilah yang membuat pengendaraan lebih aman bagaimanapun kondisinya.

Detail lainnya, panel instrumen sudah menganut layar TFT yang sudah bisa terintegrasi dengan handphone. Ada riding mode hingga enam pilihan : cruise control, sistem navigasi, keyless ignition dan ada soket USB. Untuk sebuah motor tualang, rasanya yang terakhir itu sangat penting.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.