Ini Motor Husqvarna Kesayangan Steve McQueen

Banyak yang tahu kalau aktor Steve McQueen adalah petrol head sejati. Koleksi mobilnya luar biasa, jagoan ngoprek, hingga ikut balapan. Selain mobil, McQueen juga doyan motoran. Dan merek Triumph adalah favoritnya. Cuma Triumph? Tidak juga, Husqvarna juga dia suka. Terutama yang satu ini, Husqvarna 360 Viking buatan 1968.

360 Viking 1968

Husqvarna Viking 360 adalah motor balap bermesin dua tak dengan kapasitas 360 cc. Inilah motor yang membuat Husqvarna tercatat sebagai pembuat motor besar kelas dunia. Sebelumnya, mereka hanya membuat motor dengan kapasitas 250 cc dua tak. Ini karena tidak mudah bikin mesin dua tak lebih besar dari itu. Kendala utama apalagi kalau bukan panas mesin. Perlahan, mereka berhasil memecahkan masalah tersebut dan lahir 360 Viking.

Husqvarna 1968

Khusus untuk motor yang Anda lihat di sini, adalah motor paling penting bagi Husq (baca: Haski) karena pernah jadi juara balapan motorcross di tangan pembalap kondang (pada masanya) Bengt Abert. Pembalap Swedia itu sukses menjuarai balap motor di Eropa maupun Amerika. Dan ini juga yang bikin McQueen kesengsem.

Husqvarna Viking

Steve McQueen langsung jatuh cinta saat melihat motor berlaga di balapan. Tanpa basa-basi, motor yang baru saja menjalani perawatan rutin ditawar oleh sang aktor. Dan dari sini, 360 Viking milik McQueen kemudian menjadi makin legendaris. Beberapa Husq lain juga sempat dimiliki olehnya. Tapi hanya motor ini yang disimpan dan tidak dijual.

Kini, motor retro tersebut berada di tangan yang benar. Blacksmith Garage. BUilder ini merestorasinya dengan baik, sesuai saat motor masih berada di tangan Abert. Hasilnya, Anda bisa lihat sendiri.

Sumber: Blacksmith Garage
Foto: Stan Evan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.