Triumph Rocket 3 TFC: Lebih Besar, Lebih Ringan

Ok, motor Triumph Rocket 3 memang sudah tidak diproduksi. Tapi ini lain karena dibuat oleh Triumph Factory Custom. Mesinnya tetap tiga silinder, tapi kapasitas dan torsi naik, menjadikannya motor bermesin paling besar yang diproduksi di dunia.

Triumph Rocket 3 TFC

Mesin Rocket 3 TFC punya kapasitas 2,5 liter dengan tenaga puncak 167,6 hp. Torsinya juga yang terbesar di jagat motor jalan raya, 221 Nm. Meski mesinnya lebih besar, bobotnya diklaim turun hingga 40 kg (sekarang 362 kg) dibanding Rocket 3 biasa. Ini berkat penggunaan materi rangka alumunium dan carbon fiber di sekujur badannya, termasuk pada knalpot yang dibuat oleh Arrow.

Tenaga disalurkan melalui transmisi 6-speed dan as kopel yang terhubung ke roda belakang. Ya, seperti Rocket 3, tidak ada rantai untuk menggerakkan roda belakang. Suspensinya dipasok oleh Showa. Shock upside down depan berukuran 47 mm, sedangkan di belakang ada monoshock dengan piggyback yang kekerasannya bisa diatur.

Pelek juga turut berkontribusi terhadap pemangkasan bobot, dengan menggunakan bahan aluminum alloy. Ukuran pelek dan ban tidak kalah massif. Depan 150/80 R17, belakang 240/50 R16. Di pelek ini juga terpasang sistem rem Brembo Stylema, lengkap dengan tuas rem adjustable di setang. Cakram depan berukuran 320 mm, sedangkan belakang 300 mm. Tentunya, sudah dilengkapi dengan teknologi ABS. Fitur bantu berkendara lainnya ada traction control plus empat riding mode yang bisa dipilih.

Untuk membantu pengendaraan, terpasang panel instrument digital TFT yang terlihat modern. Panel instrumen begini sepertinya jadi standar bagi Triumph. Selain berwarna, tampilannya bisa disesuaikan. Koneksi Bluetooth tersedia sebagai fitur opsional. Dengan koneksi itu, handphone bisa disambungkan dengan instrumen dan menampilkan navigasi Google Maps, pengingat servis, temperatur sekitar, jam hingga kendali GoPro.

Rocket 3 TFC

Triumph memproduksi Rocket 3 TFC secara terbatas. Hanya 750 unit, dan bisa di pesan di dealer mereka. Harganya 25.000 poundsterling (sekitar Rp 470 jutaan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.