Ini Motor Sport Fairing Entry Level Yang Pas

Dengan dana kurang dari Rp 40 juta, motor sport berfairing memang agak terbatas. Tapi tidak perlu khawatir. Meski terbatas, pilihan yang ada sangat menarik dan semua datang dari merek terkenal Jepang, Kawasaki, Honda, Yamaha. Jadi tidak perlu khawatir soal harga jual kembali dan layanan after sales. Simak di bawah. Mohon diingat, harga tertera adalah untuk wilayah Jabodetabek.

Honda CBR150R ABS

Honda CBR150R


Entry level motor sport fairing dari Honda ini sebenarnya punya banderol paling murah Rp 37.800.000. Tapi kami lebih suka yang sudah punya fitur pengereman ABS. Selain lebih aman, juga sudah dilengkapi dengan lampu darurat (hazard) yang akan berkedeip saat terjadi pengereman mendadak. Rem depan dan belakang sudah dibekali cakram.

Kelengkapan lainnya, ada panel instgrumen digital berwarna yang selain atraktif, juga bisa terbaca dengan jelas. Suspensi depan masih mengandalkan teleskopik dan belakang monoshock. Tidak terlalu istimewa memang, tapi keduanya adjustable (bisa diatur kekerasannya).

Di balik rangka model truss frame, terpasang mesin satu silinder berkapasitas 149,16 cc, dengan pendingin air (radiator). Penggerak ini mampu menghasilkan 16,8 hp dengan torsi puncak 14,4 Nm. Sebagai penghantar daya, terpasang transmisi 6-speed manual.

Dimensinya terbilang compact. Panjangnya 1.983 mm, lebar 694 mm dan tinggi 1.038 mm. Jarak jok ke tanah adalah 787 mm. Cukup untuk ukuran badan orang Asia normal. Bobotnya mencapai 166 kg.

Yamaha R15 V3

Yamaha R15 V3 2018


Salah satu kelebihan yang paling terlihat di motor ini adalah suspensi Up Side Down yang mentereng. Warna emas di roda depan itu membuat motor terlihat gagah dan sporty. Yamaha R15 dihargai mulai dari Rp 35.760.000. Lebih murah dari Honda CBR150R, tapi tanpa dibekali rem ABS.

Sistem pengereman mengandalkan disc brake di roda depan dan belakang. Selain itu, ban yang digunakan cukup lebar dengan ukuran 100/80-17 di depan, dan belakang 140/70-17. Ukuran ban belakangnya sama seperti milik R25 yang sekelas lebih tinggi.

Seperti CBR150R, motor ini juga sudah dibekali system penerangan dengan teknologi LED baik di lampu depan maupun belakang. Lampu hazard juga sudah terpasang di R15. Panel instrument juga sudah digital, meski tidak semenarik milih Honda karena belum berwarna.

Mesin dengan silinder tunggal berkapasitas 155,1 cc terpasang di rangka delta box. Mesin tersebut mampu menghasilkan 19 hp dengan torsi puncak 14,7 Nm. Daya yang leb ih besar disbanding CBR150R. Transmisi yang digunakan sama, yaitu 6-speed manual. Bedanya, pada R15 ada slipper clutch yang membantu motor berakselerasi tanpa terlalu menyentak.

Dimensinya sedikit lebih besar dari CBR150R. Panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.135 mm. Joknya juga lebih tinggi dengan angka 815 mm. Tapi bobotnya jauh lebih ringan dari rivalnya tadi, yaitu 137 kg.

Kawasaki Ninja 250SL

Kawasaki Ninja 250 satu silinder


Nah, yang ini agak lain karena kapasitas mesinnya lebih besar, body lebih bongsor tapi harganya dempet dengan Honda CBR150. Inilah Kawasaki Ninja 250 SL, dengan mesin 249 cc, dimensi lebih besar dan gagah, tapi fiturnya biasa saja.

Panel Instrumennya masih monokromatis alias belum berwarna meski sudah digital. Suspensi depannya menganut bentuk teleskopik, belum up side down seperti Yamaha R15. Meski begitu, dimensinya terlihat besar padahal sebetulnya motor ini lebih compact dibanding R15 maupun CBR150R. Panjangnya 1.939 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1.075 mm. Bobotnya juga masih lebih ringan dari CBR150R dengan angka 151 kg.

Dengan menggunakan rangka model tralis, Kawasaki mendudukan mesin 249 cc tadi, dengan kemampuan 27,1 hp. Torsinya memuncak di angka 22,6 Nm. Diantara yang lain, inilah yang paling punya performa. Sebagai penyalur daya, dipasangkan transmisi 6-speed.

Meski kedua bannya tidak selebar R15 (100/80-17 depan, 130/70-17 belakang) tapi rem cakram sudah siap untuk menghentikan laju. Sayangnya, belum ada ABS.

Verdict
Nah, itulah sederet motor sport dengan fairing yang kurang dari Rp 40 juta. Ketiganya cocok untuk digunakan mereka yang baru pertama kali pindah ke motor sport. Kawasaki Ninja 250 SL sangat menggoda dengan harga dan kemampuan teknisnya. Tapi R15 punya fitur yang lengkap, sedangkan Honda, well. Ya, Honda. Fitur biasa saja tapi punya penampilan yang oke. Dan harga jual kembali biasanya, paling tinggi.

Meski bersaing, tapi kami jujur saja, akan pilih Ninja 250 SL. Meski motor ini sudah mulai memasuki masa akhir produksi dan menunggu berganti model (kalau ada), tapi harga Rp 37 jutaan dengan mesin 249 cc dan tenaga besar adalah godaan luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.