Hal Baru Dari Kawasaki KLX 230

22 Mei 2019 lalu Kawasaki Indonesia meluncurkan trail KLX 230 di Jakarta Fair, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Motor ini bukan sekedar pembaharuan minor, tapi memang benar-benar baru. Motor ini hadir dalam dua varian yaitu SE (Special Edition) dan Standard. Harganya Rp 44,9 juta untuk varian SE, sedangkan harga KLX 230 Standar Rp 42,5 juta (OTR Jakarta). Apa saja yang baru? Simak di bawah ini.

All New Engine
Mesin satu silinder yang digunakan dibuat dari nol. Kapasitasnya 233 cc, dengan tenaga puncak berada di angka 18,7 hp saat mesin berputar 7.600 rpm, dengan torsi maksimum 19,8 Nm berada pada 6.100 rpm. Menurut Kawasaki, mesin ini diciptakan untuk menghasilkan ‘tonjokan’ yang kuat di putaran rendah hingga menengah, berkat torsinya. Desainnya sederhana, bahkan masih mengandalkan pendinginan Udara tanpa radiator.

Rangka Seimbang
Sepintas mungkin rangkanya terlihat sama seperti KLX yang lain. Tapi coba perhatikan lagi. Ini adalah rangka Perimeter Frame baru. Dirancang untuk menghasilkan kestabilan dan handling yang mumpuni, bagi berbagai macam karakter pengendara.

Perbedaan desain antara Kawasaki KLX 250 vs 230.

Kaki Kawasaki
Suspensi depannya dibekali model teleskopik sedangkan belakang mengandalkan konfigurasi Uni-trac ala Kawasaki. Isinya lengan Ayun yang ditopang oleh shock tunggal. Ban semi pacul jadi bawaan standar. Jadi begitu keluar dari showroom Anda bisa langsung membawa ke medan off road. Untuk menahan laju, ada cakram yang tersemat di roda depan dan belakang. Ukurannya masing-masing 240 mm dan 220 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.