Toyota Umumkan Platform Baru Untuk Mobil Kecil

TNGA atau Toyota New Global Architecture adalah platform modular yang digunakan untuk menjadi basis berbagai mobil Toyota. TNGA saat ini sudah punya dua turunan: GA-C yang jadi basis Prius, C-HR atau All New Corolla Altis yang akan segera meluncur di Jakarta, 12 September nanti. Selain itu, untuk yang lebih besar ada GA-K yang jadi basis berdirinya Toyota Camry dan RAV4.

Plaatform TNGA Toyota

Nah, Sekarang ada GA-B yang didaulat untuk jadi platform mobil compact mereka. Segala kelebihan TNGA akan ada di platform ini, termasuk sifat utamanya yang modular. Karena itu, GA-B bisa punya jarak sumbu roda, lebar jarak pijak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan setting suspensi juga bisa disesuaikan, terutama di belakang. Mau pakai MacPherson Strut atau Torsion Beam? Bebas. Yang pasti Torsion Beam biayanya lebih murah.

TNGA-B new platform

Kelebihan lainnya adalah GA-B juga akan punya kemampuan untuk menyuguhkan interior yang pintar. Dalam arti ukuran mobil compact tapi interiornya lega. Yang tidak bisa ditawar, posisi duduk pengemudi yang didesain rendah. Demi mengejar konsentrasi bobot serendah mungkin dengan posisi di tengah. Makanya, Toyota sesumbar kalau desainernya nanti akan punya keleluasaan dalam mendesain mobil yang menggunakan GA-B.

Platform TNGA-B

Lalu, siapa pengguna pertama? Mungkin keluarga All New Yaris yang belakangan ini foto pengujiannya beredar. Sebagai kendaraan B-Segment, Yaris memang pas menggunakan platform seperti ini. Kalau mau dipakai Toyota Avanza? Bisa saja. Tapi tidak disebutkan kalau platform ini mampu menyuguhkan ground clearance yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.