BMW Z4 2019 Fun Fact

BMW Indonesia memperkenalkan Z4 (G29) di acara Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Mobil ini tak pelak jadi magnet yang menarik perhatian pengunjung dengan atapnya yang terbuka dan paras yang menawan. Untuk mengenal lebih dalam, ini beberapa fakta soal BMW Z4 2019.

BMW Z4 IIMS 2019

Kolaborasi Dengan Toyota
BMW Z4 dikembangkan bersama Toyota. Dari pabrikan Jepang itu lahir Toyota Supra generasi kelima awal tahun ini. Platform CLAR (Cluster Architecture) dibuat oleh BMW, Toyota kemudian menyesuaikannya agar sesuai dengan karakteristik khas Supra yang beringas tapi mudah dikendalikan. Sementara Z4 lebih kalem. Karena itu, meski menggunakan chassis dan mesin serupa, tapi kedua mobil ini memiliki karakter pengendaraan yang berbeda. Yang menarik, CLAR didesain untuk mengakomodir mobil gerak belakang dan AWD serta penggerak hybrid. Jadi tidak menutup kemungkinan akan ada Z4 atau Supra hybrid.

Hanya Ada Satu Varian
Setidaknya di Indonesia. APM BMW tanah air memboyong varian sDrive30i. Sementara di luar negeri tersedia sDrive40i yang lebih bertenaga. Harganya Rp 1,459 milyar (OFR). Sayangnya, meski sudah bisa dipesan di dealer BMW, tapi pembeli baru bisa mendapatkan mobil enam bulan yang akan datang.

Mesin Kecil, Tenaga Ekstra
Z4 punya mesin berkapasitas 2.0 liter. Jumlah silindernya empat, diposisikan berjajar (segaris) membujur. Meski kapasitasnya tidak istimewa untuk sebuah mobil sport, tapi mampu menghasilkan 258 hp. Seperti biasa, terdapat imbuhan teknologi turbo khas BMW, TwinScroll Turbocharger. Torsinya yang istimewa, 400 Nm. Transmisinya 8-speed otomatis dengan beragam mode berkendara untuk disesuaikan dengan keperluan.

Distribusi Bobot Berimbang
Membuat mobil beratap terbuka yang punya distribusi bobot berimbang antara as roda depan dan belakang, bukan perkara mudah. Kekokohan yang tadinya ditunjang oleh atap, kini harus dipindah ke body bagian bawah. Engineer BMW berhasil membuat distribusi bobot 50:50 untuk Z4 baru. Salah satunya adalah dengan memposisikan kedua jok serendah mungkin, dengan posisi duduk tepat di tengah mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.